Sistem Sinkronisasi Anggaran dan Realisasi Dana Penyelenggaraan Ibadah Haji

By Admin ASHABA 24 Okt 2022, 07:27:07 WIB Publik
Sistem Sinkronisasi Anggaran dan Realisasi Dana Penyelenggaraan Ibadah Haji

SiAR Haji adalah singkatan dari Sistem Sinkronisasi Anggaran dan Realisasi Dana Penyelenggaraan Ibadah Haji yang merupakan aplikasi terapan yang menggunakan Ms.Excel yang kemudian dapat diakses secara online melalui Google Spreadsheet dengan tujuan untuk memudahkan dalam melakukan monitoring Pagu Anggaran pada Pengelolaan Keuangan Operasional Penyelenggaraan Ibadah Haji (PKOPIH) di UPT Asrama Haji Embarkasi Balikpapan dengan cara mengintegrasikan data Rencana Kerja dan Anggaran (RKA) dengan Realisasi dana Penyelenggaraan Ibadah Haji (PIH).

Tujuan dari dibuatnya aplikasi ini adalah memberikan kemudahan bagi perencana anggaran dan pengguna dana PIH untuk memonitoring sisa pagu anggaran yang tersedia dan memudahkan dalam penginputan data belanja operasional haji di UPT Asrama Haji Balikpapan. Selain itu, kegiatan penginputan database ini nantinya akan menjadi acuan bagi bendahara dalam menyusun buku kas.

Aplikasi SiAR Haji ini merupakan gagasan pemecahan masalah atas isu yang diangkat dalam proses Pelatihan Dasar CPNS dalam rangka Sinkronisasi Pencatatan Rencana Kerja dan Anggaran (RKA) dengan Realisasi Dana Penyelenggaraan Ibadah Haji di UPT Asrama Haji Balikpapan.




Berikan komentar di Fascebook

Tuliskan Komentar anda dari akun Facebook