Kemenag Balikpapan Adakan Bimbingan Manasik Haji

By Admin ASHABA 25 Apr 2024, 13:08:58 WIB Kegiatan
Kemenag Balikpapan Adakan Bimbingan Manasik Haji

Balikpapan - Menjadi haji yang mabrur merupakan harapan setiap umat Islam yang mempunyai kesempatan untuk menunaikan rukun Islam yang kelima tersebut. Tidak semua umat Islam diberikan kesempatan melaksanakan ibadah haji. Untuk itu diperlukan berbagai macam persiapan, salah satunya manasik haji guna menjadi haji yang mabrur.

Menjelang pelaksanaan Ibadah Haji tahun 1445 H / 2024 M, Kantor Kementerian Agama Kota Balikpapan menggelar manasik haji tingkat Kecamatan se - Kota Balikpapan. Kegiatan yang dilaksanakan di Asrama Haji Embarkasi Balikpapan ini berlangsung selama 10 (sepuluh) hari dimulai dari tanggal 20 April - 30 April 2024. 

Ditemui ditempat acara Kamis (25/04/2024), Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kantor Kemenag Kota Balikpapan H. Suharto Baijuri menerangkan jika kegiatan ini merupakan langkah dari Kementerian Agama guna mempersiapkan jemaah calon haji yang akan berangkat ke Tanah Suci.

"Akan ada beberapa agenda kegiatan dari Kemenag Kota Balikpapan, diantaranya Manasik Haji tingkat Kecamatan dan dilanjutkan dengan Manasik Akbar 2 Mei 2024 mendatang," terang Suharto.

Selain memberikan pelatihan manasik dalam hal peribadatan Kemenag Kota Balikpapan juga memberikan berbagai macam persiapan spiritual kepada seluruh calon jemaah haji asal Kota Balikpapan seperti siraman rohani dan juga mengundang psikolog untuk menguatkan spiritualitas para calon jemaah sebelum bertolak ke Arab Saudi.

"Kita tidak hanya berfokus pada ritual ibadah saja, namun juga dari sisi spiritualitas sehingga para calon jemaah haji ini diharapkan tidak hanya siap secara ilmu agama namun juga siap secara batin," tutup Kepala Seksi PHU Kemenag Kota Balikpapan.




Berikan komentar di Fascebook

Tuliskan Komentar anda dari akun Facebook